cover
Contact Name
Cacik Rut Damayanti
Contact Email
profit@ub.ac.id
Phone
+62341553737
Journal Mail Official
profit@ub.ac.id
Editorial Address
Ruang Jurnal Lt.9 Gd. E Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 163 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 1978743     EISSN : 23384654     DOI : http://doi.org/10.21776/ub.profit
Core Subject : Economy,
corporate governance, entrepreneurship, organization and human resource management, marketing management, financial management, operation management, strategic management, information system management, tourism and taxation.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis" : 11 Documents clear
Suasana Toko dalam Menciptakan Emosi dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pengunjung Retail Hypermart Malang Town Square Kota Malang) Erlangga Andi Sukma; Achmad Fauzi DH; Fransisca Yaningwati
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.036 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suasana toko yang terdiri dari bagian luar toko, bagian umum dalam toko, tata letak toko, dan pajangan dalam toko yang mana dapat menciptakan emosi serta akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Penelitian ini dilakukan melalui survey pada 100 pengunjung Hypermart Malang Town Square Kota Malang. Metode analisis penelitian ini menggunakan alat analisis  Partial Least Square  (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagian luar toko, tata letak toko, dan pajangan dalam toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emosi, sedangkan bagian  umum dalam toko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emosi. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa emosi memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur keputusan pembelian.
Analisis CAMEL Untuk Mengukur Tingkat Kesehatan Bank PT. BPR Syariah Al-Mabrur Kabupaten Ponorogo Periode 2004-2008 Nur Imamah
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1110.354 KB)

Abstract

Kinerja bank, apakah dalam kondisi sehat atau tidak, perlu adanya pengukuran dan penilaian tingkat kesehatan bank.  Konsekuensi dari tidak terpenuhinya persyaratan pada kinerja bank agar dapat disebut sebagai bank yang sehat, tidak hanya menyempitkan keleluasaan yang dimiliki oleh bank, namun akan berdampak pada tingkat kepercayaan nasabah untuk menanamkan dananya di bank. Penelitian ini dilakukan pada PT. BPR. Syariah Al-Mabrur Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research). Di dalam penelitian ini (1) diduga analisis CAMEL mampu menjelaskan tingkat kesehatan bank dan (2) diduga rasio permodalan mempunyai nilai tertinggi untuk mempengaruhi tingkat kesehatan bank. Untuk membuktikan hipotesis di atas, maka penelitian ini menggunakan teknik analisis CAMEL. Hasil penelitian menunjukkan CAR 32,20%, KAP 2,10%, NPL  4,68%, ROA 5,45%, BOPO 77,10, dan LDR 89,99%. Sehingga bank mempunyai predikat kesehatan Cukup Baik. Sedangkan nilai bersih CAR sebesar 25 yang menunjukkan bahwa nilai CAR paling tinggi dibandingkan rasio lainnya. Hal ini membuktikan hipotesis kedua penelitian
PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA VS DAYA SAING GLOBAL Ika Ruhana
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.83 KB)

Abstract

Dalam kondisi  persaingan global,  pengembangan sumber daya manusia  (SDM)  adalah  sangat penting dan  diperlukan  untuk dapat  bersaing di  arena  perdagangan  /  kompetisi internasional. Pengembangan sumber daya manusia adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan karyawan  untuk menangani  berbagai jenis  tugas dan  keterampilan yang dibutuhkan  untuk menerapkan  sesuai dengan  jenis pekerjaan  di sana.  Tulisan ini bertujuan untuk membahas masalah pengembangan sumber daya manusia VS daya saing global, yang meliputi: kondisi SDM di Indonesia dalam beberapa era, pengembangan sumber daya manusia, usaha pengembangan sumber daya manusia. Kata Kunci: Pengembangan sumber daya manusia, pembelajaran organisasi, dan pengembangan berbasis kompetensi sumber daya manusia.
Indonesia ‘One Stop Shopping’ Dengan Intelligent Agent Sebagai Penunjang Kemajuan Perekonomian Indonesia Saiful Rahman Yuniarto
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1104.592 KB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai penunjang kemajuan perekonomian Indonesia. Model pembangunan Indonesia ‘One Stop Shopping’ sebagai sarana untuk memasarkan usaha kecil dan menengah di Indonesia ke dunia luar melalui Internet haruslah mengerti berbagai pengalaman tentang manusia (human psychology) untuk menarik minat konsumen. Penggunaan  Intelligent Agent  dalam Indonesia ‘One Stop Shopping’ diharapkan dapat lebih menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi perdagangan
Pengaruh Variabel Return On Assets , Return On Equity, Net Profit Margin dan earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan Achmad Husaini
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.77 KB)

Abstract

Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Jika perusahaan mencapai prestasi yang baik,  maka saham  perusahaan tersebut akan banyak  diminati oleh para investor.  Nilai perusahaan akan tercermin dalam nilai pasar sahamnya, semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan.Bagi perusahaan yang sudah  go public    nilai perusahaan dapat menunjukkan nilai aset yang dimiliki perusahaan seperti surat-surat berharga. Dalam penelitian ini menggunakan analisa statistik deskriptif melalui perhitungan rata-rata (mean), nilai minimum dan maximum sehingga diperoleh gambaran mengenai data sampel secara garis besar. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak  10 perusahaan  dengan  menggunakan  analisa  setiap variabel pada masing-masing perusahaan yaitu analisis: harga saham, Return on Assets  (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Pers Share (EPS) serta Uji asumsi klasik  statistik, uji regresi linier berganda  dan uji koefsien determinasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang Pengaruh Profitabilitas terhadap harga Saham pada Perusahaan  Food and Beverages  Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.Dari hasil uji secara simultan dengan uji F dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan perusahaan yang diukur dari ROA, ROE, NPM, dan EPS mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Dari hasil uji secara parsial dengan uji t, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel ROA dan EPS yang berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel ROE dan NPM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa ROA (X1) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap harga saham pada perusahaan yang termasuk dalam perusahaan Food and Beverages.
Pengembangan Formalisasi Kehadiran UMKM Kadarisman Hidayat
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1107.976 KB)

Abstract

Jumlah UMKM yang telah mendapat formalitas usaha dalam bentuk perizinan relatif sedikit tidak terkecuali pada daerah-daerah yang telah melaksanakan P2SP yang baru mencapai 17,12%. Program-program perizinan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah belum menjangkau masalah pemberian badan hukum. Hal ini dikarenakan pemberian badan hukum merupakan kewenangan dari Departemen Hukum, dan Ham, yang dalam UU  otonomi daerah juga tidak dilimpahkan kewenangannya kepada pemerintah daerah.  Bagi pengusaha mikro, izin perusahaan atau badan hukum secara yuridis formal memang untuk waktu sekarang belum diperlukan. Hal tersebut disebabkan karena usaha mikro sebagian besar merupakan perusahaan perorangan yang ruang lingkup usahanya yang relatif sempit.  Berbagai usaha untuk mempermudah pemberian perizinan yang dilakukan sekarang (program P2SP) belum sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah formalisasi UMKM. Ketidakmampuan ini berkaitan dengan implementasi kelembagaan yang belum sesuai dengan karakteristik UMKM. Beberapa masalah yang sangat mendesak untuk diperbaiki adalah: a) Banyaknya jenis perizinan yang harus dipenuhi oleh UMKM untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan usaha; b) Persyaratan yang belum sesuai dengan karakteristik UMKM khususnya pengusaha mikro; c) Kurangnya sosialisasi dan belum adanya konsekuensi yang jelas dari pemerintah dengan dimilikinya badan hukum. Beberapa variabel yang berpengaruh nyata terhadap jumlah UMKM yang mendapatkan izin usaha adalah: 1) pendekatan, 2) Bentuk lembaga perizinan; 3) Persyaratan perizinan; 4) Prosedur perizinan; 5) Sosialisasi perizinan , 6) Konsekuensi dari adanya perizinan. Dari hasil temuan di atas dapat disusun best practice penyusunan konsep Lembaga perizinan UMKM.
PENGUATAN KINERJA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO UNTUK PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH Saparila Worokinasih
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1111.498 KB)

Abstract

Melihat struktur konfigurasi ekonomi Indonesia secara keseluruhan, dari 39,72 juta unit usaha yang ada, sebesar 39,71 juta (99,97%) merupakan usaha ekonomi rakyat atau sering disebut usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Menyadari realitas ini, pengembangan ekonomi rakyat memfokuskan terutama pada usaha mikro adalah hal yang sangat strategis untuk mewujudkan broad based development atau development through equity. Pemberdayaan UMKM ini bisa dilakukan dengan mengurai permasalahan yang sering dihadapi oleh UMKM. Sulitnya akses permodalan masih mendominasi alasan mengapa UMKM tidak bisa berkembang dengan pesat. Masalah ini bisa teratasi dengan tumbuhnya Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang memberikan alternatif bagi alasan “bankable” yang disodorkan oleh lembaga keuangan pada umumnya. Bank Perkreditan rakyat (BPR) merupakan kombinasi antara lembaga yang  secara hukum merupakan lembaga bank, namun dikhususkan untuk pelayanan bagi usaha mikro. Kinerja BPR yang terus mengalami perbaikan, baik kinerja lembaga (jumlah BPR) maupun kinerja keuangan (LDR, ROA, ROE, NPL) memberikan gambaran bahwa Lembaga Keuangan Mikro masih mampu memberikan yang terbaik baik UMKM
Fenomena Perguruan Tinggi dalam Mencetak Manajer dan Leader yang Berkualitas Moch. Dzulkirom AR
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1104.597 KB)

Abstract

Pendidikan di  Pendidikan Tinggi  dalam memberikan  pembekalan  untuk mempersiapkan para manajer dan pemimpin tidak hanya tergantung pada lima teori: bisnis dan keuangan, strategi dan berkelanjutan keunggulan kompetitif, teori agensi, teori kelembagaan, dan bias keputusan. Teori-teori ilmu  sosial  akan  sangat  cocok  sebagai komponen yang  penting  dalam mempersiapkan manajer  yang berkualitas  dan pemimpin  di perguruan tinggi.  Kurikulum  harus berisi pengetahuan tentang pengetahuan bisnis yang menawarkan model teoritis yang dapat diterapkan oleh manajer,  dengan menawarkan  model  kausalitas  di mana  faktor-faktor  yang mendasari adalah variabel yang dapat dipengaruhi oleh manajer yang efeknya dapat dipertahankan  / diatur oleh manajer.  Persyaratan utama  yang akan  diambil  oleh para akademisi  di perguruan tinggi sehingga teori yang disajikan dapat berguna adalah: manajer dapat memutuskan apakah ia harus mengadopsi praktek atau tidak, dan tidak dengan mengadopsi praktek-praktek yang telah diambil oleh orang lain  (misalnya  pemegang saham  saham-pemilik-atau  instansi pemerintah). Dengan demikian, manajer dan pemimpin benar-benar memiliki kekuatan dan kemampuan lainnya untuk menerapkan praktek-praktek baru diambil, bagi manajer pengadaan harus memberikan prioritas pada variabel dependen dan variabel  independen yang relevan dengan manajerial, bukan hanya menjelaskan  teori. Sebuah  teori memenuhi syarat ketika ia bisa menjelaskan variabel-variabel, sehingga teori tersebut bermanfaat dalam kegiatan manajerial dan akan memberdayakan tindakan manajerial
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Kelanjutan Penggunaan Layanan Mobile Data Widia Permana; Endang Siti Astuti; Imam Suyadi
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.671 KB) | DOI: 10.21776/ub.profit.2011.006.01.1

Abstract

Layanan mobile data yang muncul adalah melanjutkan konvergensi teknologi komunikasi mobile data layanan. Layanan mobile data akan tumbuh sangat cepat  tapi pengguna  ilmu perilaku pada penggunaan mobile data masih langka. Mobile data dalam penelitian ini difokuskan pada telepon seluler yang  telah lebih  banyak  digunakan  dan menembus  tingkat  semua  masyarakat  dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan  faktor-faktor yang  mempengaruhi  intensitas  penggunaan  layanan data  mobile menggunakan  model  phone  research  mobile,  didasarkan pada perilaku  yang  menggabungkan faktor-faktor kebutuhan dan motivasi pribadi dalam menggunakan layanan mobile data  . Model ini telah diuji melalui survei terhadap 200 responden, yang aktif sebagai pengguna perpustakaan mahasiswa  UB.  Metode  analisis  data yang digunakan adalah  model persamaan  Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Analisis Struktur Momen (AMOS) . Hasil penelitian  ini adalah faktor persepsi manfaat  / kegunaan, kenyamanan, kesenangan, nilai moneter,  pengaruh sosial.  , media, mobilitas dan  sikap  pengguna  telah memberikan pengaruh positif pada intensitas penggunaan layanan mobile data
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN PENGUSAHA UKM (Studi pada UKM Kota Malang) Maria Goretti Wi Endang N P
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1109.139 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi berwirausaha pengusaha kecil dan menengah (UKM) dan mengetahui tingkat keberhasilan pengusaha UKM di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah memiliki visi dan tujuan yang jelas. 66% dari responden sangat setuju merupakan mempunyai orientasi ke masa depan, 57% sangat setuju untuk berkarsa dan berkarya serta 43% telah menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang telah ada. Mereka juga mencari peluang dan tantangan yang dibuktikan 55% sangat setuju untuk pernyataan tersebut dan 38% responden setuju mereka tidak cepat puas dengan keadaan yang sekarang.  Dalam hal inisiatif dan proaktif lebih dari 50% responden sangat setuju untuk tidak berhenti belajar (69%), selalu ingin mencoba sesuatu yang baru (60%), berkeinginan dan berani mencoba melakukan usaha (62%) dan mempunyai perencanaan untuk menjamin kesuksesan dan keunggulan (48%). Untuk variabel ke-3 yaitu berorientasi pada prestasi, 78% responden sangat setuju untuk mempunyai komitmen dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya, jeli melihat dan memanfaatkan peluang (57%) serta 45% dan 41% memerlukan umpan balik dari selalu optimis dalam situasi yang kurang menguntungkan. 79% responden sangat setuju berorientasi terhadap laba dari usaha yang dilakukan.  Berani mengambil resiko, itulah  yang dilakukan oleh seorang wirausaha, dimana sebanyak 64% berani menembus ketidakpastian usaha, 55% resiko telah diperhitungkan dengan cermat, hati-hati dan bersifat antisipatif, sebanyak 48% responden mempunyai kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko dan 52% berupaya menekan atau memperkecil resiko. Lebih dari 50% responden telah bekerja keras untuk menjalankan usahanya. Untuk mencapainya, mereka sangat disiplin (60%) dalam bekerja, dapat mengatur waktu dengan baik (55%), tidak mengeluh dan tidak kapok dalam berusaha (64%). Pada akhirnya mereka menjadi seorang yang workaholic yang dibuktikan sebanyak 66% responden sangat setuju. Mereka sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya (57%), sehingga mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik (55%) serta mampu memenuhi kewajibannya dengan tepat (72%) responden. Mereka juga mampu mengembangkan dan memelihara hubungan dengan jaringan kerja yang cukup kuat sebanyak 66% responden. Sebesar 60%, 69% dan 55% responden menyatakan sangat setuju untuk selalu memperhatikan pelanggan, pemasok, dan karyawan

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 2 (2023): PROFIT : Jurnal Adminsitrasi Bisnis Vol. 17 No. 1 (2023): PROFIT : Jurnal Adminsitrasi Bisnis Vol. 16 No. 2 (2022): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 16 No. 1 (2022): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 2 (2021): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 1 (2021): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 14 No. 2 (2020): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 14 No. 1 (2020): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis 2020: SPECIAL ISSUE (EKOSISTEM START UP) Vol. 13 No. 2 (2019): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2019): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 12 No. 2 (2018): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 12 No. 1 (2018): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11 No. 2 (2017): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11 No. 1 (2017): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10 No. 2 (2016): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10 No. 1 (2016): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 2 (2015): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 1 (2015): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 7 No. 2 (2013): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 7 No. 1 (2013): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 4 No. 1 (2010): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 2 No. 1 (2008): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 2 (2007): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2007): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis More Issue